Delegasi Bappenas, Seknas SDGs, dan BPK Kunjungi SDGs Center UNAIR untuk Membahas Kinerja Kelembagaan

Surabaya, 23 Agustus 2023 - Delegasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sekretariat Nasional Sustainable Development Goals (SEKNAS SDGs), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan kunjungan ke SDGs Center UNAIR di Surabaya, Jawa Timur. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. SDGs Center UNAIR merupakan SDGs pertama di Indonesia yg dilibatkan oleh BPK dalam koordinasi terkait pencapaian SDGs Bappenas di daerah SDGs Center UNAIR meskipun masih baru menjadi tolak ukur SDGs Center Nasional. 

BPK melakukan audit pada Seknas Bapenas tentang pelaksanaan koordinasi pencapaian SDGs oleh seluruh daerah di Indonesia. Pada sesi di Provinsi Jawa Timur, UNAIR menjadi satu - satunya SDGs Center dari Jawa timur yang di tunjuk untuk mempresentasikan kolaborasi dan kontribusi UNAIR terhadap pencapaian SDGs.

SDGs x Bappenas

Pak Rachman, koordinator Seknas Bapenas mengatakan bahwa SDGs center unair adalah rising star yang progresif dan aktif terlibat pada aktivitas koordinasi SDGs. Dr Bayu Arie Fianto menjelaskan bahwa UNAIR telah berkontribusi pada SDGs sejak sebelum SDGs Center di resmikan tetapi tidak ada proses manajemen dan tagging kegiatan SDGs. Sejak ada SDGs Center UNAIR capaian SDGs universitas telah termonitor dan ter evaluasi.

BPK menanyakan tentang nilai tambah apa yang diberikan SDGs center kepada UNAIR. SDGs center telah memberikan kontribusi sebagai play maker kegiatan bertema SDGs sehingga mendorong program - program UNAIR bertema SDGs. 

Program UNAIR yang telah bernafaskan SDGs adalah Program Mata kuliah Mahasiswa bertemakan SDGs, KKN tema SDGs, penelitian dan pengabdian masyarakat bertema SDgs, menyelenggarakan SDGs festival, policy brief competition, dll.

Penulis: Saharani Nurlaila Buamonabot, S.Hum.