Dilantik Sebagai Presiden ISCN: Bayu Arie Fianto Menegaskan untuk Mendorong Penyebaran SDGs Center ke Seluruh Indonesia

SDGs CENTER UNAIR – Kementerian Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) secara resmi meluncurkan Indonesia SDGs Center Network (ISCN) pada acara SDGs Center Conference pad 12 Juni 2024. Dalam acara tersebut, Bayu Arie Fianto SE., MBA., Ph.D selaku Presiden ISCN menyerahkan secara simbolis pembentukan ISCN kepada Suharso Monoarfa (Menteri PPN/Bappenas) di Gedung Bappenas, Jakarta.

Forum Komunikasi SDGs Center Indonesia

Forum Komunikasi SDGs Center Indonesia

Bappenas telah menyelenggarakan forum komunikasi yang mempertemukan pengurus SDGs Center dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sejak 30 Mei 2024. Forum ini membahas upaya memperkuat jaringan antar SDGs Center melalui ISCN. Selain itu, forum tersebut juga memilih jajaran pengurus ISCN yang terdiri dari: (1) Presiden: Bayu Arie Fianto (Universitas Airlangga); (2) Wakil Presiden 1: Profesor Suzy (Universitas Padjajaran); (3) Wakil Presiden 2: Drs. Muhammaf Yusri (Universitas Hassanudin); dan (4) Sekretaris Jenderal: Dr. Edi Ariyanto (Universitas Andalas).

Pengurus ISCN akan memimpin enam Head of Region (HoR) yang mencakup HoR Sumatera, HoR Jawa 1, HoR Jawa 2, HoR Sulampua (Sulawesi-Maluku-Papua), HoR Nusra (Bali-Nusa Tenggara), dan HoR Kalimantan

Pengurus ISCN 2024

Pengurus ISCN 2024

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, Vivi Yulaswati, menyatakan bahwa pembentukan ISCN akan memperkuat kolaborasi dan peran SDGs Center di seluruh Indonesia melalui pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan inovasi. Hal ini diharapkan dapat membantu Indonesia mempercepat pencapaian target-target SDGs

Saat ini, banyak SDGs Center masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Dalam wawancara setelah pelantikannya, Bayu Arie Fianto menegaskan bahwa salah satu tantangan utama yang akan dihadapi adalah memastikan penyebaran SDGs Center yang merata di seluruh wilayah Indonesia. "Penyebaran SDGs Center hingga ke pelosok negeri adalah prioritas utama kami. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap daerah dapat berkontribusi dan menerima manfaat dari program-program pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Pemberian simbolis Presiden ISCN kepada Menteri PPN Bappenas

Simbolis Pembentukan ISCN oleh Presiden ISCN kepada Menteri PPN/Bappenas

Vivi Yulaswati menambahkan bahwa melalui ISCN, diharapkan semakin banyak komitmen dan kolaborasi yang dapat dibangun antar perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya. "Sekaligus memberikan sumbangan untuk pencapaian target-target SDGs," ungkapnya.