Rapat Akhir Tahun SDGs Center UNAIR 2023: Sinergi Menuju Pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan

Surabaya, 21 Desember 2023 — SDGs Center Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan rapat akhir tahun 2023, yang dihadiri oleh tokoh-tokoh kunci, antara lain Dr. Muhammad Miftahussurur, M.Kes., Sp.PD, Ph.D., yang resmi diinagurasi sebagai Wakil Rektor Bidang Internationalization, Digitalization and Information. Hadir juga, Ketua SDGs Center UNAIR Bayu Arie Fianto, SE., MBA., Ph.D., dan Sekretaris SDGs Center Hakim Zulkarnain S.Kep., Ns., MSN., bersama dengan para staf internal SDGs Center.

Rapat ini menjadi momentum penting untuk mengevaluasi pencapaian serta merumuskan langkah-langkah strategis guna memajukan agenda Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di lingkungan kampus. Beberapa poin penting dibahas dalam pertemuan ini, mencakup:

1. SPMS dan Serapan Anggaran

Pertemuan dimulai dengan evaluasi Sistem Perencanaan dan Manajemen Kinerja (SPMS) serta serapan anggaran SDGs Center. Dr. Muhammad Miftahussurur menekankan pentingnya optimalisasi penggunaan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program SDGs.

2. Realisasi Program Target

Para peserta rapat mendiskusikan dengan rinci realisasi program-target yang telah dijalankan selama tahun 2023. Hasil evaluasi menunjukkan progres positif dalam mencapai sejumlah target SDGs yang telah ditetapkan.

3. Program/Target Tercapai

Berbagai inisiatif dan program yang telah berhasil dicapai mendapat apresiasi tinggi dari peserta rapat. Hal ini mencakup upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembangunan berkelanjutan serta partisipasi aktif dalam kegiatan yang mendukung SDGs.

4. Evaluasi Best Practice

Diskusi pun berfokus pada penilaian best practice yang dapat dijadikan contoh dan diadopsi dalam konteks pembangunan berkelanjutan di lingkungan kampus maupun masyarakat sekitar.

5. Program/Target Tidak Tercapai

Transparansi juga ditunjukkan dengan membahas program atau target yang belum tercapai. Para peserta menyampaikan evaluasi mendalam untuk memahami penyebab ketidakberhasilan dan merancang strategi perbaikan di masa yang akan datang.

6. Rencana Program 2024

Rapat ditutup dengan pembahasan proyeksi dan rencana program untuk tahun 2024. Langkah-langkah konkret diidentifikasi untuk memastikan kelangsungan dan perbaikan berkelanjutan dalam pencapaian SDGs di UNAIR.

Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Miftahussurur menyatakan komitmennya untuk terus mendukung SDGs Center UNAIR dalam upaya mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan. "SDGs bukan hanya tanggung jawab SDGs Center, tetapi merupakan perjuangan bersama seluruh elemen kampus dan masyarakat," ujar Dr. Miftahussurur.


Ketua SDGs Center, Bapak Bayu Arie Fianto, menegaskan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam mencapai target-target SDGs. "Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras agar UNAIR menjadi percontohan dalam mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di tingkat lokal dan global," kata Bayu.


Rapat akhir tahun ini membuktikan bahwa SDGs Center UNAIR tidak hanya berfokus pada pencapaian target, tetapi juga pada upaya berkelanjutan untuk meningkatkan dampak positifnya. Melalui sinergi dan kolaborasi, UNAIR terus bergerak maju menuju perwujudan visi Pembangunan Berkelanjutan di lingkungan kampus dan masyarakat.



Author: Saharani Buamonabot