Sambut Awardee Baru, Kelurahan LPDP Universitas Airlanga Gelar Welcoming Awardee Intake Agustus 2023

SURABAYA - Dalam rangka mendukung SDG 1 No Poverty Welcoming Awardee Beasiswa LPDP Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil diselenggarakan dengan tema " the navigation complexities of new knowledge ".

Universitas Airlangga dengan tegas memegang komitmen terhadap SDG 1 yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dalam semua bentuk dan dimensi. Dengan menyambut awadee baru, UNAIR tidak hanya memberikan akses pendidikan berkualitas (SDG 4) tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung perkembanga penuh potensi mereka.

Kehadiaran secara langsung dari Bapak Gendro Hartono, S.E., M.M selaku Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP memberikan sambutan dan nasihat kepada para-awardee intake Agustus 2023. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa pada tahun 2023 tahap 1 jumlah pendaftar beasiswa LPDP kurang lebih sebanyak 15-20 ribu orang dan yang diterima sekitar 3 ribuan. Tren dari jumlah pendaftar ini selalu naik setiap tahun. Sehingga para awardee yang sudah dinyatakan lolos harus bangga karena terpilih diantara belasan ribu pendaftar dan sudah melewati prosedur yang sangat ketat.

Penerima beasiswa LPD berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, ada yang berasal dari keluarga yang ekonominya baik dan ada pula yang dari keluarga yang tidak mampu, sehingga untuk lanjut studi tidak pernah terbayangkan. Dengan adanya beasiswa ini memberikan kesempatan kepada semua kalangan untuk menempuh pendidikan yang tinggi.

Pak Gendro juga mengatakan bahwa dana abadi yang tercatat terakhir sekitar 140 triliun rupiah. Dana ini digunakan untuk menyaring dana membiayai para awardee LPDP baik yang sedan studi di dalam negeri maupun yang sedang studi di luar negeri. Pada tahun 2030 akan ada bonus demografi dimana penduduk Indonesia berada pada usia produkti sehingga perlu dipersiapkan dari skearang dengan harapan dapat memajukan perekonomian Indonesia. Pak Gendro juga berpeasn setelah lulus wisuda diharapkan para awardee dapat membuka lapangan pekerjaan. Selain itu para awardee memiliki kewajiban untuk kembali mengabdi. Terakhir beliau memberikan nasihat para awardee harus sukses.

Selain itu Ketua 1 Bidang Pendidikan dan Pengembangan SDM Mata Garuda Jatim 3.0, Bapak Ir. Teguh Dwi Putra, S.Pt., M.Sc. IPM juga sebagai pemateri yang menyampaikan terkait hak dan kewajiban awardee LPDP RI, kontribusi selama studi dan setelah studi.

Welcoming LPDP

Lurah LPDP UNAIR, Arman, menyampaikan, sangat bangga memyambut awardee baru ditahun ini. Mereka adalah agen perubahan yang akan membawa dampak positif dalam upaya kita berjuang untuk mengakhiri kemiskinan. UNAIR berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas yang akan membantu mereka mencapai potensi tertinggi mereka.

Dalam mendukung SDG 1 dan tujuan pembangunan berkelanjutan lainnya, UNAIR terus menjalankan peran pentingnya dalam menciptakan generasi masa depan yang siap mengatasi tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan di Indonesia dan dunia.

Welcoming Awardee Intake Agustus 2023 di UNAIR adalah bukti nyata komitmen universitas ini dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk semua.

Author: Saharani Nurlaila Buamonabot, S.Hum.