SDGs Center Berpartisipasi dalam Kegiatan International Community Development Program di Sungai Kim-Kim Malaysia

MALAYSIA - Ketua SDGs Center Universitas Airlangga (UNAIR) berpartisipasi dalam kegiatan International Community Development Program yang diinisiasi oleh Universitas Airlangga dalam menekankan capaian Sustainability Development Goals (SDGs). Kegiatan ini berkolaborasi dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang berlangsung pada tanggal 26 Agustus 2023 dengan agenda pengabdian masyarakat di Kampong Sungai Melayu, Johor Malaysia.

Sungai Kim-Kim telah tercemar limbah kimia beracun yang dibuang secara ilegal pada bulan Maret 2019. Limbah yang dibuang ke Sungai Kim-Kim sejak itu telah diidentifikasi sebagai limbah minyak laut yang mengeluarkan gas metana dan uap bensin. Hal ini mencemari sekitar 5.000 orang dan ratusan diantaranya harus dirawat di rumah sakit.

Internatonal Community Development Program UNAIR x UTM

Kolaborasi antara UNAIR dan UTM, dengan partisipasi Persatuan Industri Pasir Gudang, untuk membersihkan sungai dan meningkatkan penggunaan efektif mikroorganisme adalah langkah yang sangat positif dalam upaya menjaga lingkungan dan keberlanjutan di daerah Sungai Kim-Kim. Membersihkan sungai dan menanam pohon penggunaan efek mikroorganisme menjadi MUD BOWL untuk mengurangi sisa kotoran di sungai.

Penanaman Pohon
MUD BOWL

Dalam rangka mendukung SDGs, selain perwujudan dari SDG 17 (Kemitraan untuk Pencapaian Tujuan), kegiatan pengabdian masyarakat kali ini juga mendukung pencapaian SDGs lain yaitu, SDG 11 tentang Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan dan SDG 14 tentang Ekosistem Perairan.

Penulis: Saharani Nurlaila Buamonabot, S.Hum.