SDGs Center UNAIR Berpartisipasi dalam Peluncuran Inisiatif Green Academy

SDGs CENTER UNAIR - Pada tanggal 22 Mei 2024, SDGs Center Universitas Airlangga (UNAIR) turut berpartisipasi dalam peluncuran inisiatif Green Academy yang diadakan di Canna Bali, Nusa Dua. Acara ini bertemakan “Building Environmental Planning Capacity in Achieving Indonesia’s Golden Vision 2045” dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari berbagai sektor.

Green Academy merupakan sebuah platform pengembangan kapasitas terintegrasi yang bertujuan untuk menyediakan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pembangunan hijau. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi pendorong utama dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 yang berkelanjutan.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementrian PPN/Bappenas, Vivi Yulaswati, mengungkapkan bahwa terdapat tiga tantangan utama dalam implementasi pembangunan hijau di Indonesia. Pertama, kurangnya kapasitas dan proses pengambilan Keputusan untuk merencanakan serta melaksanakan kebijakan pembagunan hijau. Kedua, adanya permintaan tinggi terhadap investasi ramah lingkungan yang diperlukan dalam transisi menuju pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim. Ketiga, kesenjangan dalam memperoleh teknologi dan inovasi ramah lingkungan yang mendukung penerapan pembangunan hijau yang berkelanjutan di masa depan.

Green academy challenges

Vivi Yulaswati (Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas) menjelaskan tantangan implementasi pembangunan hijau

Ketua SDGs Center UNAIR, Bayu Arie Fianto SE., MBA., Ph.D., hadir sebagai perwakilan SDGs Center UNAIR. Kehadiran beliau menyoroti komitmen UNAIR dalam mendukung upaya pembangunan hijau di Indonesia. “Partisipasi SDGs Center UNAIR dalam peluncuran inisiatif Green Academy adalah langkah strategis untuk memperkuat kapasitas dan keterampilan dalam merencanakan pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Setelah peluncuran Green Academy, fokus utama selanjutnya yaitu permasalahan ketahanan pangan. Hal ini penting mengingat ketahanan pangan merupakan salah satu pilar utama dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Maka diperlukan pengembangan berbagai strategi dan solusi untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup, aman, dan bergizi bagi seluruh rakyat Indonesia

Green Academy Indikator

Indikator dan target Green Academy untuk 2025-2045

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk akademisi, pemerintah, dan pelaku industri, yang semuanya berkomitmen untuk bekerja sama dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Dengan dukungan dari berbagai pihak, inisiatif Green Academy diharapkan dapat mempercepat langkah Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, sesuai dengan visi besar Indonesia Emas 2045.