SDGs Center UNAIR Berpartisipasi dalam Pengukuran SDGs Indonesia pada Forum Komunikasi SDGs Center Indonesia

SDGs Center UNAIR - SDGs Center Universitas Airlangga (UNAIR) turut ambil bagian dalam Forum Komunikasi SDGs Center se-Indonesia yang diselenggarakan pada 29-30 Mei 2024 di Jakarta. Forum ini mengusung tema “Peran Strategis SDGs Center dalam Percepatan Pencapaian SDGs” dan bertujuan untuk memperkuat kolaborasi serta jaringan antar SDGs Center di Indonesia.

Hisaaki Mitsui, JICA SDGs Project Team Leader, menyampaikan bahwa tujuan utama dari forum ini adalah untuk menguatkan kolaborasi dan jaringan SDG Center serta mendorong inovasi dari aspek sosial, ekonomi, maupun teknologi guna mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

“Forum ini sangat penting untuk mendorong kolaborasi dan inovasi di berbagai bidang. Dengan bekerja sama, kita dapat mempercepat pencapaian SDGs di Indonesia,” ujar Hisaaki Mitsui.

Forum tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 51 SDGs Center yang tersebar di seluruh Indonesia. Para peseta diberi kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai permasalahan dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs, serta membahas solusi dan merumuskan rencana tindak lanjut yang konkret untuk mempercepat pencapaian SDGs.

SDGs Center UNAIR, yang diwakili oleh Bayu Arie Fianto, SE., MBA., Ph.D, selaku Ketua SDGs Center UNAIR, menyoroti pentingnya pengukuran dan pemantauan capaian SDGs di Indonesia. Dalam sesi diskusi, Bayu Arie Fianto menyampaikan berbagai inisiatif dan program yang telah dilakukan oleh UNAIR dalam mendukung pencapaian SDGs.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya pencapaian SDGs melalui berbagai program dan penelitian yang kami lakukan. Pengukuran capaian SDGs merupakan langkah penting dalam memastikan percepatan,” ujar Bayu Arie Fianto.

Kolaborasi dan inovasi yang dihasilkan dari forum ini akan menjadi langkah yang signifikan dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.