SDGs Center UNAIR: Kunjungan studi banding Universitas Muhammadiyah Surakarta(UMS) dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di UNAIR.

Surabaya, 3 Januari 2024 - Universitas Airlangga (UNAIR) menerima kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk menjalankan agenda studi banding yang lebih luas, tidak hanya terkait pemeringkatan, tetapi juga fokus pada pembelajaran tentang Sustainable Development Goals (SDGs) Center.

Dalam sambutannya, Prof. Muhammad Miftahussurur, Wakil Rektor UNAIR Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, & Informasi, berbagi pengalaman terkait pembentukan SDGs Center di UNAIR. "Kami mendirikan SDGs Center pada awal tahun 2022 sebagai respons terhadap Sustainable Development Goals yang semakin relevan," ungkap Prof. Miftahussurur. Prof. Miftahussurur menjelaskan keterkaitan penelitian dengan SDGs, menekankan bahwa penelitian harus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam hal ini, UNAIR telah mengintegrasikan SDGs ke dalam mata kuliah dan mengelola SDGs Center secara internal.

Belajar dari pengalaman UNAIR, UMS mencatat beberapa langkah yang dapat diambil dalam proses pembentukan SDGs Center, termasuk melakukan benchmarking, melibatkan fakultas dalam pengembangan program terkait SDGs, dan mengelola pusat tersebut dengan fokus internal terlebih dahulu.

Diskusi pun berfokus pada implementasi SDGs dalam penelitian. Bapak Bayu Arie Fianto, S.E., MBA.,Ph.D., Ketua SDGs Center UNAIR, memberikan wawasan mengenai best practices yang dapat menjadi inspirasi bagi UMS yang sedang berproses membangun SDGs Center

Beliau juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan institusi pendidikan lain, mengundang tim ahli SDGs dan Jajaran Unit kerja lainnya yang bersangkutan, dan merancang kegiatan kolaboratif seperti festival berbasis SDGs untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan seluruh komunitas kampus. 

Dalam sesi tanya jawab, Ketua SDGs UMS menyampaikan pertanyaan khusus terkait pembelajaran tentang SDGs Center. Ketua SDGs Center UNAIR Bapak Bayu memberikan informasi terperinci mengenai struktur organisasi, kegiatan yang dilakukan SDGs Center UNAIR, dan upaya kolaboratif yang dijalankan untuk mendukung implementasi SDGs.

Pertukaran pengalaman antara UNAIR dan UMS diharapkan dapat memperkaya proses pembangunan SDGs Center di UMS dan membuka peluang untuk kerja sama lebih lanjut dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.



Author: Saharani Nurlaila Buamonabot