SDGs Center UNAIR Menggandeng CGSS USM Menyelenggarakan Workshop Training of Trainers SDGs

SDGs CENTER UNAIR - SDGs Center Universitas Airlangga (UNAIR) bekerjasama dengan Centre of Global Sustainability Studies (CGSS) Universiti Sains Malaysia (USM) dalam menyelenggarakan Workshop Training of Trainers (ToT) terkait Sustainable Development Goals (SDGs). Workshop ini berlangsung sleama 3 hari, dari tanggal 14-16 Mei 2024, di Aula Amerta, UNAIR.

Agenda Workshop ToT SDGs

Sambutan Warek IDI untuk Pembukaan Workshop ToT SDGs

Sambutan Warek IDI Pada Pembukaan Workshop ToT SDGs

14 Mei 2024 - Workshop ToT SDGs dibuka secara resmi oleh Prof. Muhammad Miftahussurur, dr., M.Kes., Sp.PD-KGEH., Ph.D (Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Inovasi) UNAIR, bersama dengan Bayu Arie Fianto, SE., MBA., Ph.D (Ketua SDGs Center UNAIR, dan Assoc. Prof. Dr. Mohd Wira (Direktur CGSS). Hari pertama pelatihan berfokus pada pengenalan dasar SDGs, termasuk transisi dari MDGs ke SDGs serta penjelasan detail dari beberapa tujuan SDGs. Lalu hari pertama ditutup dengan sesi kuis yang diikuti oleh seluruh peserta untuk menguji pemahaman mereka tentang materi yang telah disampaikan.

15 Mei 2024 - Hari kedua Workshop ToT SDGs masih fokus pada pengenalan SDGs. Dr. Noor Adelyna (Deputy Director CGSS) menjelaskan berbagai permasalahan perubahan iklim yang sedang dihadapi dan menjadi perhatian khusus dalma beberapa tahun terakhir.

Dr Noor Adelyna Menjelaskan Perubahan Iklim yang Semakin Memburuk

Dr. Noor Adelyna Menjelaskan Perubahan Iklim yang Kian Mengancam Bumi

“Kita semua  tahun bahwa perubahan iklim sudah benar-benar terjadi. Ini bukan hanya tanggung jawab satu orang, namun seluruh manusia di bumi. Maka mulailah secara bijak dalam memanfaatkan sumber daya serta jangan berhenti melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya perubahan iklim terhadap ketahanan bumi,” ujar Dr. Noor Adelyna.

16 Mei 2024 - Pada hari terakhir, peserta diajak untuk berdiskusi dan melakukan analisis mendalam terkait implementasi SDGs. Peserta terlibat diskusi interaktif dengan para pemateri, di mana mereka menempelkan opini dan persepsi mereka mengenai tujuan-tujuan SDGs yang dibahas. 

Diskusi Interaktif dengan Peserta Workshop ToT
Diskusi Interaktif dengan Peserta Workshop ToT-1
Diskusi Interaktif dengan Peserta Workshop ToT-2

Di akhir pelatihan, peserta diminta untuk mengerjakan proyek proposal individu bertemakan SDGs, baik dalam bentuk penelitian maupun pengabdian masyarakat. Mereka diberikan waktu 2 minggu untuk menyelesaikan proyek tersebut. Proyek ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan selama pelatihan.