SDGs Center Universitas Airlangga Membahas Peran Legislatif dan Mekanisme Sinkronisasi dalam Rapat Koordinasi SDGs di Jawa Timur

Malang, 1 November 2023 - SDGs Center Universitas Airlangga aktif berpartisipasi dalam Rapat Koordinasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diadakan pada tanggal 1 November 2023 di Malang, Jawa Timur. Rapat ini difokuskan pada peran legislatif dalam mendukung pencapaian SDGs di Jawa Timur, dengan mengangkat tema yang krusial untuk pembangunan berkelanjutan.

Rapat tersebut dihadiri oleh sejumlah pakar, akademisi, dan praktisi yang peduli terhadap agenda pembangunan berkelanjutan. Dalam pembukaan rapat, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, menyampaikan urgensi kolaborasi lintas sektor dan peran penting legislatif dalam mengimplementasikan SDGs di tingkat daerah.

Salah satu poin utama yang menjadi sorotan adalah pembahasan perubahan Perpres No 59/2017 menjadi Perpres 111/2022. Pembaruan ini dianggap sebagai langkah strategis untuk memperkuat landasan hukum dan kelembagaan dalam mendukung pencapaian SDGs. Dalam penyampaiannya, Sekretariat SDGs Nasional Bappenas RI, menegaskan komitmen pemerintah untuk menyelaraskan regulasi dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Pembahasan selanjutnya mencakup mekanisme sinkronisasi dan tujuan intensif rencana tindak lanjut terkait SDGs di Jawa Timur. Para peserta rapat berdiskusi intensif mengenai langkah-langkah konkret yang perlu diambil untuk memastikan program-program pembangunan berkelanjutan dapat diimplementasikan secara efektif di tingkat daerah.

Pak Hakim memberikan pertanyaan

Dalam sesi tanya jawab, Bapak Hakim Zulkarnain S.Kep., Ns., MSN., selaku sekertaris SDGs Center Universitas Airlangga, menyoroti pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan implementasi program-program SDGs. Beliau menyampaikan harapannya agar pemangku kepentingan dapat bersinergi untuk menciptakan dampak positif yang nyata di masyarakat.

Rapat koordinasi ini diakhiri dengan kesepakatan bersama untuk terus memperkuat kolaborasi antara pemerintah, lembaga akademis, dan masyarakat sipil dalam mendukung pencapaian SDGs di Jawa Timur. Selain itu, dibuatlah komitmen untuk melibatkan lebih banyak pihak terkait, termasuk sektor swasta dan organisasi non-pemerintah, guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara holistik.

SDGs Center Universitas Airlangga berkomitmen untuk terus aktif berperan dalam mengedukasi, melakukan penelitian, dan memberikan rekomendasi kebijakan yang mendukung upaya-upaya pencapaian SDGs. Dengan semangat kolaboratif, diharapkan bahwa hasil dari rapat ini dapat memberikan kontribusi signifikan untuk mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan di Jawa Timur.



Author: Saharani Buamonabot