SDGs Festival 2023: Inovasi Kebijakan Transformatif untuk Kesehatan dan Lingkungan Berkelanjutan Akan Segera Hadir! di Aula Garuda Mukti UNAIR

Surabaya - Universitas Airlangga bersiap untuk menjadi tuan rumah SDGs Festival yang dinantikan pada tanggal 20 hingga 22 November 2023 di Aula Garuda Mukti, Lantai 5, Kantor Manajemen Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Acara ini akan menjadi panggung untuk mendiskusikan dan mempromosikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)  dengan fokus khusus pada “Transformative Policy Innovation for a Health and Sustainable Environment” (Inovasi Kebijakan Transformatif untuk Kesehatan dan Lingkungan Berkelanjutan)

Festival ini bertujuan untuk mengatasi lima SDGs penting, yaitu Goal 1 No poverty (Tanpa kemiskinan), Goal 3 Good Health and Well-Being (Kehidupan sehat dan Sejahtera), Goal 5 Gender Equality (Kesetaraan gender), Goal 8 Decent Work and Economic Growth ( Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) dan Goal 13 Climate Action (Penanganan perubahan iklim). Tujuan-tujuan ini sejalan dengan komitmen global untuk menciptakan dunia yang lebih adil, sehat, dan berkelanjutan.

Tamu yang akan hadir Ibu Khofifah Indar Prawansa Gubernur Jawa Timur, dan Bapak Eri Cahyadi Walikota Surabaya. Festival ini juga akan menampilkan pembicara internasional yang luar biasa dari organisasi kunci seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Sekretariat Nasional Sustainable Development Goals (SEKNAS SDGs BAPPENAS), United Nations Developmnent Proggrame (UNDP), dan Western Sydney University (WSU). Para ahli ini akan membahas topik menarik terkait tema festival, memberikan wawasan dan pandangan yang berharga.

Salah satu sorotan dari SDGs Festival adalah Grand Final Policy Brief, di mana peserta akan mempresentasikan rekomendasi kebijakan inovatif untuk mengatasi tantangan global yang mendesak. Selain itu, Grand Final kompetisi SDGs Ambassador 2023 akan menyampaikan program inovatif dan menyuarakan serta melakukan pergerakan dalam memajukan SDGs di Universitas maupun di Tingkat Nasional.

Festival ini juga akan menampilkan booth pameran inovasi yang luar biasa dari Fakultas dan Organisasi Internal Mahasiswa Ksatria Airlangga, menunjukkan dedikasi mereka untuk tidak meninggalkan siapa pun dalam mencapai SDGs. Pameran ini akan memamerkan proyek-proyek Inovatif dan inisiatif luar biasa yang berkontribusi pada pencapaian SDGs di Universitas maupun di Tingkat Nasional.

Dengan SDGs Festival, jelas bahwa Universitas Airlangga mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan kesadaran, kolaborasi, dan solusi nyata untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. Pantau terus untuk pembaruan dan liputan mendalam saat kita memulai perjalanan menuju dunia di mana SDGs bukan hanya aspirasi tetapi kenyataan untuk semua.



Author: Saharani Buamonabot