UNAIR Bersinar di Global Sustainable Development Congress, Raih Peringkat Tinggi dalam SDGs

SDGs Center UNAIR – Pada 10-13 Juni 2024, Universitas Airlangga (UNAIR) melalui SDGs Center berpartisipasi dalam Global Sustainable Development Goals Congress (GSDC), sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh Times Higher Education (THE). Kongres ini, yang diadakan di Bangkok, mengumpulkan para pemimpin dunia dari berbagai sektor untuk mendiskusikan solusi-solusi inovatif bagi tantangan pembangunan berkelanjutan. Dengan tema utama yang mencakup revolusi digital, kesetaraan gender, kesehatan, energi berkelanjutan, kota dan komunitas berkelanjutan, serta keberlanjutan pangan, lahan, air, dan laut, GSDC menjadi panggung utama untuk mengartikulasikan aksi nyata menuju masa depan yang lebih hijau dan inklusif.

Dua delegasi UNAIR berasa dari SDGs Center, Hakim Zulkarnain, S.Kep., Ns.,  MSN, yang menjabat sbegai sekretasi SDGs Center UNAIR, bersama dengan Savira Rizma SE., MSM., sebagai coordinator internal SDGs Center UNAIR menjadi perwakilan UNAIR untuk hadir pada GSDC. UNAIR berhasil meraih peringkat ke-81 dunia, serta menempati posisi kedua pada tingkat domestik pada THE Impact Ranking 2024. Keunggulan yang paling mencolok adalah dalam SDG 1 (Tanpa Kemiskinan) di mana UNAIR mencatatkan prestasi fantastis dengan menduduki peringkat pertama dunia. Selain itu, dalam SDG 5 (Kesetaraan Gender), UNAIR menempati posisi keempat dunia.

Keberhasilan UNAIR tidak hanya tidak hanya merupakan bukti dari dedikasi dan inovasi dalam riset dan pengabdian masyarakat, tetapi juga menegaskan posisi UNAIR sebagai pemimpin dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam pendidikan tinggi. “Pencapaian ini merupakan hasil dan kerja keras seluruh civitas akademik UNAIR yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian SDGs,” ujar Hakim Zulkarnain.

Savira Rizma GSDC
Hakim Zulkarnain GSDC

Savira Rizma menambahkan, “UNAIR akan terus mengembangkan program-program yang inovatif dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa kita tidak hanya berpartisipasi, tetapi juga memimpin dalam upaya global untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.”

Dengan pencapaian ini, UNAIR menegaskan dirinya sebagai salah satu penggerak dalam pendidikan berkelanjutan, memperkuat posisinya di kancah global serta turut serta dalam mendukung agenda-agenda SDGs. Seiring dengan berakhirnya GSDC 2024, UNAIR melalui SDGs Center lebih siap melangkah lebih jauh, berinovasi, dan berkolaborasi untuk dunia yang lebih baik dan berkelanjutan